Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri dan Pertolongan Pertama yang Dapat Dilakukan

0
49

Apakah Anda pernah merasakan sakit perut sebelah kiri? Saat rasa sakit ini terasa, pasti muncul kekawatiran. Kebanyakan orang berpikir bahwa rasa sakit tersebut adalah merupakan pertanda suatu penyakit yang sangat berat. Untuk dapat memastikannya, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari rasa sakit pada perut kiri yang sering muncul maupun di bagian kiri dan di bagian kiri bawah.

penyebab sakit perut sebelah kiri

Rasa sakit pada sebelah kiri bagian atas bisa saja muncul karena cedera, masalah di ginjal seperti infeksi pada ginjal atau batu ginjal, fases atau karsinogen yang mengeras disebabkan kurang mengkonsumsi makanan yang berserat dan kurang air putih, usus besar robek, peradangan di pankreas, serangan jantung sampai kanker.

Oleh sebab itu jika rasa sakit di sebelah kiri di bagian atas datang berulang-ulang atau menyerang sangat hebat, oleh sebab itu segera periksakan ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya. Hindari menekan bagian perut yang sakit karena hal ini dapat memperburuk keadaan sebelum diketahui pasti penyebabnya.

Sementara itu rasa sakit perut yang dirasakan pada bagian kiri bawah memiliki penyebab yang hampir sama dengan rasa sakit perut di bagian kiri atas. Rasa sakit ini bisa disebabkan cedera, penyakit batu ginjal, adanya infeksi pada ginjal, usus besar yang robek, kanker dan penyakit crohn.

Namun jika rasa sakit perut sebelah kiri bawah ini dirasakan oleh wanita, maka penyebabnya bisa berupa adanya kista endomentriosis atau yang disebut juga kista coklat, adanya masalah pada leher rahim, adanya kista ovarium, atau adanya infeksi yang terjadi di bagian tuba falopi dan ovarium. Rasa sakit perut di bagian kiri bawah yang dirasakan seorang wanita juga bisa menandai rasa sakit yang muncul karena telah terjadi ovulasi.

Penanganan Pertama Serangan Sakit Perut Di Sebelah Kiri

Melihat beberapa kemungkinan penyebab munculnya rasa sakit perut di sebelah bawah, setiap orang tentu tidak boleh meremehkan serangan rasa sakit ini. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan jika rasa sakit menyerang dengan hebat atau berulang kali dirasakan. Waspadai pula bila rasa sakit disertai dengan diare, demam tinggi dan muntah-muntah. Lantas apa yang harus dilakukan ketika rasa sakit di perut bagian kiri menyerang? Berikut ini pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

  • Segeralah berbaring begitu rasa sakit di bagian perut kiri menyerang. Berbaring akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Baringkan tubuh sampai rasa sakit yang dirasakan perlahan-lahan berkurang.
  • Hindari melakukan pemijatan pada perut yang sakit. Dari pada memijat, kompres saja perut dengan menggunakan handuk hangat. Masukkan handuk ke dalam air hangat lalu peras dan tempelkan pada perut. Rasa hangat ini akan membantu meringankan rasa sakit tersebut.
  • Pada saat rasa sakit muncul, baik rasa sakit perut yang ringan maupun berat, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman selain air putih. Hanya air putih saja yang sebaiknya diminum dan itupun sebaiknya dilakukan secara perlahan. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, minuman beralkohol dan juga minuman yang mengandung soda.
  • Selain berhati-hati dengan minuman, berhati-hati pulalah dengan makanan. Hindari dulu mengkonsumsi makanan-makanan pedas serta makanan yang mengandung kadar lemak tinggi.
  • Hindari pula mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dari dokter. Misalnya saja aspirin atau ibuprofen. Lebih baik segera periksakan diri ke dokter akan diagnosa yang benar bisa dilakukan.

Nah, itulah informasi penting mengenai rasa sakit perut sebelah kiri, penyebab dan pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Informasi bermanfaat ini sebaiknya diketahui dalam setiap keluarga sehingga kondisi yang fatal tidak terjadi.